Negara Maju dan Negara Berkembang IPS Kelas IX SMP

| Kamis, 07 Agustus 2014
Negara Maju dan Negara Berkembang


A. Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang
  • Negara Maju adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Negara maju banyak terdapat di daerah eropa seperti Belanda, Perancis, Jerman, Itali, Inggris. Sedangkan di benua Amerika negara maju banyak terdapat di kawasan Amerika Utara seperti Kanada, Amerika Serikat. Dikawasan Asia sendiri, hanya sebagian yang merupakan negara maju yaitu Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru.
  • Negara Berkembang adalah negara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang sedang atau dalam masa perkembangan. Negara berkembang banyak terdapat dikawasan Asia seperti India, Indonesia, Malaysia, Thailand, Philipina, Taiwan,dll.
Tolak ukur atau indikator dalam penggolongan negara maju dan negara berkembang adalah sebagai berikut :
  1. Pendapatan Perkapitapendapatan perkapita merupakan indikator terpenting dalam menentukan negara maju dan negara berkembang. Sebuah negara dikatakan makmur apabila rakyatnya memiliki pendapatan perkapita yang tinggi. Namun demikian, pendapatan perkapita negara bukan satu-satunya hal yang menentukan negara maju dan negara berkembang. Meskipun negara tersebut memiliki pendapatan perkapita yang tinggi, namun jika terjadi perang saudara di negara tersebut, negara tersebut tidak termasuk negara maju, karena yang disebut negara maju adalah negara yang rakyatnya meraih kesejahteraan dan keamanan
  2. Jumlah Penduduk Miskin : Tingkat kesejahteraan rakyat dapat dilihat dari angka kemiskinan, Jika angka kemiskinan nya tinggi, negara tersebut tidak bisa disebut sebagai negara maju.
  3. Tingkat Pengangguran : Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah tingkat penganggurannya. Negara yang maju tingkat penganggurannya rendah karena penduduknya banyak yang bekerja. Bahkan dinegara Eropa dan sebagian negara maju di Amerika pengangguran juga tetap diberikan penghasilan oleh pemerintah walaupun mereka tidak bekerja. Sedangkan dinegara yang berkembang tingkat pengangguran nya sangat tinggi. Bahkan di Mesir pada tahun 2007 tingkat penganggurannya mencapai 10,10%.
  4. Angka Kematian Bayi dan Ibu Melahirkan : angka kematian bayi dan ibu melahirkan juga merupakan indikator dalam menentukan negara maju dan negara berkembang. Sebuah negara dikatakan maju apabila angka kematian bayi dan ibu melahirkan rendah. Karena jika ibunya sehat, maka anak yang ada di dalam kandungan pun akan sehat. Ini semua dikarnekan makanan yang dikonsumsi sang ibu bergizi dan makan makanan yang bergiji ditentukan oleh tingkat kesejahteraan. Sedangkan negara berkembang angka kematian bayi dan ibu melahirkan relatif tinggi. Itu dikarenakan sang ibu kurang asupan makanan yang bergizi saat mengandung dan itu disebabkan oleh kesejahteraannya yang kurang.
  5. Angka Melek Huruf : Angka melek huruf menujukkan jumlah penduduk yang bisa membaca. Negara yang maju jumlah angka melek hurufnya tinggi. Sedangkan negara yang berkembang jumlah angka melek hurufnya rendah.
B. Ciri-ciri Negara Maju
  1. Pertanian termasuk peternakan dan perikanan untuk industrialisasi, dijual, diekspor.
  2. Aktivitas perekonomian menggunakan sarana dan prasarana modern
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menunjang industrialisasi secara cepat
  4. Pendapatan rata-rata penduduk tinggi
  5. Pendidikan dan keterampilan penduduk cukup tinggi
  6. Sifat kemandirian masyarakat yang tinggi
  7. Tidak tergantung pada alam
  8. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah
  9. Angka harapan hidup tinggi
  10. Intensitas mobilitas tinggi
C. Ciri-ciri negara Berkembang
  1. Pertanian termasuk peternakan dan perikanan hany auntuk memenuhi kebutuhan sendiri dan keluarga
  2. Pada umunya aktivitas masyarakat menggungakan sarana dan prasarana tradisional
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan pengalaman dan lamban
  4. Pendapatan relatif rendah
  5. Pendidikan penduduknya rata-rata rendah
  6. Sifat penduduk kurang mandiri
  7. Sangat tergantung pada alam
  8. Tingkat pertumbuhan penduduk tinggi
  9. Angka harapan hidup rendah
  10. Intensitas mobilitas rendah.
Itulah sedikit ulasan tentang Negara Maju dan Negara Berkembang, Semoga Bermanfa'at ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲